SOAL – SOAL KULIAH , JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN UNDIP

KETERANGAN:

JENIS SOAL UAS atau UTS /mata kuliah/SEMESTER keberapa /inisial DOSEN/ANGKATAN/tgl pelaksanaan

UTS /  Klasifikasi Dasar / Semester 2 / Pak Tn0 / Angkatan 2009 /  april 2010

1. Sebutkan dan JELASKAN minimal 3 tujuan klasifikasi bahan pustaka!

2. Penentuan subyek bahan pustaka merupakan tahapan penting dalam klasifikasi, sebutkan dan jelaskan minimal 4 cara menentukan subyek bahan pustka!

3. Penggunakan TABEL 1 (standatrt subdivision) dalam DDC, ditemukan penggunaan kaidah NOL yang berbeda beda, (misal: .1 – .9; .01 – .09; .001 – .009; .0001 – .0009). Jelaskan menurut Anda mengapa muncul penggunaan Kaidah Nol yang berbeda?

4. Struktur DDC terdiri atas 4 Volume. Salah satunya adalah volume 4 yaitu indeks reatif. Jelaskan fungsi penggunaan indeks relatif!

5. Tentukan subyek bahan pustaka dari judul-judul bahan pustaka berikut (tidak lebih dari 2 kata):
a. Barack Obama: Dari Jakarta menuju gedung putih =
b. Cyberspace: Living In a Virtual Community
c. Peta makanan Murah di Yogyakarta
d. Museology dan Museography in ASEAN
e. The Search: Bagaiman Googlee Mengubah Cara Bisnis Kita di Masa Depan

UAS  /  Klasifikasi Dasar / Semester 2 / Pak Tn0 / Angkatan 2009 / juni  2010

1. Penggunakan Sistem klasifikasi lazim digunakan dalam perpustakaan dan pusat dokumentasi. Menurut Anda apa tujuan diaplikasikannya sistem klasifikasi bagi pengguna (pemustaka) dan bagi pihak perpustakaan/pusat dokumentasi sendiri?

2. Salah satu poin krusial dalam penerapan sisitem klasifikasi bahan pustaka adalah penentuan subyek bahan pustaka. Sebutkan dan darimana sajakah cara menentukan subyek bahan pustaka.!

3. Sistem klasifikasi DEWEY DECIMAL CLASSIFICATION (DDC) mengenal 10 bagian kelas utama. Sebutkan Pembagian kelas utama tsb.

4. Dalam bagan DDC (Volume 2 & 3) anda akan menemukan catatan dan instruksi yang harus diikuti oleh anda sebagai pengklasir bahan pustaka. Sebutkan dan Jelaskan minimal 3 (tiga) catatan dan intruksi yang muncul dalam bagan klasifikasi DDC!

5. Salah satu bagaian dari sisitem Klasifikasi DDC adalah indeks relatif (volume 4). Jelaskan fungsinya indeks relatif itu dan tujuannya bagi pengklasir.!

UTS  / TERBITAN BUKU / Semester 2 / BU Yli / Angkatan 2009 / april  2010

1. Jelaskan definisi buku!
2. jelaskan anatomi buku!
3. Sebut dan jelaskan jenis – jenis buku!
4. jelaskan fungsi utama dari ISBN dan sebutkan hasil terbitan yang dapat diberi ISBN!

UAS  / TERBITAN BUKU / Semester 2 / P’ Wj Swrno / Angkatan 2009 / juni  2010

1. buku dan e-book merupakan jenis koleksi yang dikelola o/ perpustakaan.
a. jelaskan apa pengertian buku dan e-book~!
b. apa ciri yang membedakan antara keduanya!

2. E-book memiliki bentuk sehingga memungkinkan semua alat baca mampu membaca semua bentuk e-book tsb. Sebutkan 4 format e-book yang anda ketahui, dan jelaskan ciri masing-masing format!

3. HaKI memiliki 2 aspek perlindungan, yaitu aspek Hak Kekayaan Industri (Industry Property Right) dan aspek hak cipta (Copyright).
a. Jelaskan apa yang dimaksud kekayaan industri dan hak cipta!
b. apa yang membedakan antara  kekayaan industri dan hak cipta!

4. Apa yang saudara ketahui tentang:
a. ISBN
b. ISSN
c. WIPO
d. UU ni.19 Tahun 2002

UTS/PENGANTAR ILMU INFORMASI/SEMESTER 2/DOSEN BU ati /ANGKATAN2009/APRIL2010

1.       Dalam kehidupan sehari-hari istilah data, informasi dan pengetahuan sering dipertukarkan (interchangable) dlm penggunaannya, pdhl istilah – istilah tsb punya makna yang berbeda. Jelaskan perbedaan istilah-istlah tsb?

2.       Jelaskan pengertian ilmu informasi, apa saja obyek kajian ilmu informasi, dan ilmu apa saja yang terkait erat dg ilmu informasi?

3.       Jelaskan pengertian sistem informasi?

4.       Jelaskan tujuan ilmu informasi dan perpustakaan?

5.       Menurut catatan sejarah, manajemen informasi sudah digunakan dalam kurun waktu yg lama. Sebutkan manfaat manajemen informasi?

UAS/PENGANTAR ILMU INFORMASI/SEMESTER 2/DOSEN Pak A T /ANGKATAN2009/juni2010

1.       Dalam mencari informasi mahasiswa sering memanfaatkan internet, bahkan dalam setiap kesempatan mereka selalu meng-up date informasi dengan menanfaatkan internet. Dalam pandangan saudara, apakah peran perpustakaan akan tergeser oleh internet? Jelaskan!

2.       Apa yg disebut dg masyarakat informasi, dan apa pula ciri-cirinya? Apakah masyarakat kita sekarang ini juga bisa disebut sebagai masyarakat informasi?

3.       Teknologi informasi selalu membawa 2 dampak, yaitu posotif dan negatif. Sebutkan dampak negatif dari teknologi informasi. dan alterntif solusi apa saja yg saudara tawarkan u/ mengurangi dampak negatif tsb?

4.       Perpustakaan tdk mungkin bs berdiri sendiri dalam memuaskan kebutuhan informasi pemustakanya. Untuk itu perpustakaan harus menjalin kerja sama dg perpustakaan lainnya. Sebut dan jelaskan bentuk kerjasama apa saja yg bs dilakukan o/ suatu perpustakaan dg perpustakaan lainnya?

5.       Jelaskan istilah-istilah berikut ini:

a.       Globalisasi informasi

b.      Jaringan informasi

c.       Information retrievel system

UAS/PENGANTAR ILMU INFORMASI/SEMESTER 2 REgULer 2/DOSEN Pak A T /ANGKATAN2009/juni2010

1.    Jelaskan pengertian Data, Informasi, dan Pengetahuan, serta berikan contoh masing-masing agar jelas perbedaannya!

2.    Jelaskan minimal 3 (tiga) perbedaan antara konsep Sistem Informasi dan Manajemen Informasi!

3.    Teknologi Informasi memerlukan seperangkat konsep yang perlu diperhatikan. Jelaskan menurut Anda apa itu Teknologi Informasi serta jelaskan komponen yang ada dalam Teknologi Informasi!

4.    Sebutkan dan jelaskan minimal 4 (empat) contoh Aplikasi Teknologi Informasi dalam layanan perpustakaan, dokumentasi dan pusat informasi!

5.    Dalam konsep ilmu informasi konsep Jaringan Informasi (Information Network) merupakan sebuah komponen penting. Jelaskan pengertian Jaringan Informasi dan karakteristik dari sebuah jaringan informasi!

6.    Sebutkan dan jelaskan menurut Anda manfaat-manfaat yang diperoleh ketika perpustakaan tergabung dalam sebuah jaringan informasi!

7.    Jelaskan mengenai konsep Masyarakat Informasi dan Sebutkan ciri-ciri masyarakat informasi!

UAS/DASAR-DASAR FILSAFAT/SEMESTER 2/DOSEN SS/ANGKATAN2009/JUNI2010

1.       Jelaskan corak kusus metafisika idealisme dan dualisme!

2.       Jelaskan perbedaan pokok bahasan antara kosmologi dan kosmogoni!

3.       Apa pengertian pertimbangan nilai yg dapat diperdebatkan, dan beri contohnya!

4.       Uraikan kriteria yg digunakan untuk mempertimbangkan keputusan etika menurut:

a.       Formalisme

b.      Relativisme

c.       konstekstualisme

5.       Anda lebih sependapat dengan pandangan etika otoritarian atau otonomi? Mengapa demikian?

UTS/Perpustakaan Sekolah/SEMESTER 2/DOSEN Yu2m/ANGKATAN2009/april 2010

1 setiap sklh sbg lembaga pendidikan hrs menyelenggarakan perpustakaan sekolah, mengapa demikian dan apa dasar hukumnya?

2, setiap jenis perpustakaan memiliki karakteristik tersendiri, sebutkan dan jelaskan karakteristik dari perpustakaan sekolah!

3. apa peran perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar dalam proses pembelajaran disekolah?

4, manfaat utama apa yang diperoleh dari membaca bagi pengembangan daya pikir murid?

5.  fungsi perpustakaan sekolah dapat dikelompokkan mjd 4 fungsi, sebutkan dan jelaskan!

UAS/Perpustakaan Sekolah/SEMESTER 2/DOSEN Yu2m/ANGKATAN2009/ Juli 2010

1, U/ meningkatkan pemberdayaan perpustakaan sekolah dalam proses pembelajaran , pustakawan melakukan rencana kerjasama dengan guru matapelajaran/ guru bidang studi u/ waktu 1 thn ajaran, apa bentuk kerjasama tsb dan mengapa hal tsb dilakukan?

2. beri contoh langkah2 salah satu beentuk kerjasama antara guru mata pelajaran dalam memberdayakan perpustakaan sekolah, shg proses pembelajaran dapat lebih optimal !

3, sebutkan dan jelaskan jenis2 layanan perpustakaan sekolah yg paling mendukung proses pembelajaran selain layanan sirkulasi dan layanan referensi !

4. Mengapa membaca merupakan salah satu hal utama yg dapat mencerdaskan siswa, dan bgmn cARA/ teknik peningkatan minat baca siswa oleh pengelola perpustakaan / pustakawan bekerjasama dengan guru2 dan atau warga sekolah lainnya?

5, Agar para pengguna perpustakaan sekolah dapat lebih nyaman dalam membaca dan belajar diperpustakaan sekolah, dlm penataan ruang perpustakaan faktor2 apa yg perlu diperhatikan?

UTS/Perpustakaan UMUM dan KHUSUS/SEMESTER 2/DOSEN A2n P/ANGKATAN2009/april 2010

1, Jelaskan perbedaan dan persamaan antara perpustakaan umum dan perpustakaan khusus !

2, Apa yg dimaksud dg literasi informasi?

3. Salah satu tugas perpustakaan umum adalah sebagai pusat budaya lokal, jelaskan!

4, Mengapa terdapat perbedaan tugas dan fungsi antara perpustakaan umum dan khusus?

5. dalam pengelolaan perpustakaan umum dan khusus sevara teknis pd prinsipnya sama, namun dalam implementasi di lapangan perpustakaan umum lebih sulit dr pada perpustakaan khusus. Hal –hal apa saja yg menyebabkan perpustakaan umum lbh sulit dr pd perpustakaan khusus, jelaskan!

UAS/Perpustakaan UMUM dan KHUSUS/SEMESTER 2/DOSEN A2n P/ANGKATAN2009/ JUNI 2010

1, Slh satu faktor yg menentukan keberhasilan perpustakaan adlh terletak dari pendayagunaan koleksi yg dimiliki, sehubungan dg itu, upaya apa saja yg hrs dilakukaan agar koleksi perpustakaan didayagunakan secara maksimal oleh penggunanya, jelaskan !

2. Perpustakaan Umum Provinsi (Perpustakaan Daerah) disebut juga sebagai perpustakaan deposit, jelaskan apa yg dimaksud dengan perpustakaan deposit tsb !

3, Perpustakaan umum maupun perpustakaan khusus dikatakan sbg agen perubahan, jelaskan apa yg dimaksud dengan agen perubahan !

4, keberadaan perpustakaan umum maupun perpustakaan khusus, dlm perkembangannya masih banyak kendala, baik dari pihak pengelola maupun masyarakat pengguna, sebutkan berbagai kendala yg ada dan bgmn upaya penanggulangannya?

5, dlm upaya memasyarakatkan perpustakaan diperlukan adanya promosi, bgmn caranya promosi perpustakaan dpt berhasil ?

UTS/ KEPUSTAKAWANAN INDONESIA /SEMESTER 2/DOSEN A2n P/ANGKATAN2009/april 2010

1, apa perbedaan perpustakaan, kepustakawanan dan pustakawan, jelaskan?!

2, salah satu fungsi perpustakaan adalah fungsi budaya, jelaskan apa yg dimaksud dg fungsi budaya tsb?

3, Perpustakaan terdiri dari berbagai jenis sesuai dg dimana perpustakaan itu bernaung, apa yg menyebabkan lahirnya jenis2 perpustakaan?

4. Perpusnas RI sebagai lembaga tertinggi di bidang perpustakaan mempunyai salah satu tugas menetapkan kebijakan dan pengembangan perpustakaan, jelaskan tugas tsb?

5, Sebutkan dan jelaskan jenis2 pekerjaan kepustakawanan?

UAS/ KEPUSTAKAWANAN INDONESIA /SEMESTER 2/DOSEN A2n P/ANGKATAN2009/Juli 2010

1, Sebutkan dua (2) undang undang di bidang perpustakaan, dn jelaskan inti pembehasannya !

2, Perpustakaan adalah organisasi yg dinamis dan berkembang, namun kenyataannya sebaliknya bahwa perpustakaan sulit untuk berkembang, sebutkan apa permasalahnnya dan bagaimana mengatasinya !

3, Sebutkan tujuan dibentuknya (IPI) Ikatan Pustakawan Indonesia?

4, Perpustakaan memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) oleh karena itu semua jenis perpustakaan harus ditingkatkan kualitas pengelolaaannya. Jelaskan faktor faktor apa saja yg perlu ditingkatkan dalam pengelolaannya?

5. Budaya keberaksaraan atau baca tulis akan meningkatkan kemampuan literasi informasi, jelaskan apa yg dimaksud dg literasi informasi?

21 gagasan untuk “SOAL – SOAL KULIAH , JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN UNDIP

    • salam :D . bisa mjd pustakawan, jurnalis, percetakan, pusat informasi, pdii-lipi, media, lebih luas lagi pokoknya. sebentar lagi saya beranjak kerja – pasti akan lebih tau banyak lapangan kerjanya . tunggu kabarnya y… (3 bulan lagi lah ) :D hehe

  1. tanya donk!!!
    UPT.Perpus Pusat UNDIP sendiri dalam penentuan nomor klasifikasi menggunakan DDC atau UDC,
    seperti di UPT.Perpus Pusat UGM??

    • relatif.
      bagaimana kita menyikapi sikon dan permasalahn yg ada.
      sblm terjun mjd pustkwn dan pengelola, alangkah baiknya menciptakan simpul-simpul(link) di berbagai kalangan, serta membaca permasalahan yg akan terjadi spy mampu menyikapi permslhn.
      namun apabila sudah terjun mjd pustakwan atau pengelola, hendaklah berpikir u/ seolah2 mjd pemustaka, shg kita bs tau apa yg mereka inginkan.
      dg begitu, qt bs mengetahui apa yg mrk inginkan shg qt bs bekerja u/ mrk dan mampu memuaskan mrk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s