jangan dibaca jika anda tidak ingin Kerja. titik! gak pakai koma!

Ini nih, ada kiat menuju dunia kerja bagi pemula alias yang baru lulus kuliah atau skolah. kalau ingin kerja, tentunya hal pertama yang kamu lakukan adalah mengirimkan berkas atau biodata diri yang di inginkan oleh tempat anda akan kerja disitu. itu sih biasanya mudah dan simpel. Namun ada trik nya supaya makin mudah, cuy, karena yang mendaftar ntu gak cuman elo (kamu) doang, tapi ratusan, mungkin ribuan sebanyak teman FB kamu atau follower Twitter kamu lah. Eits, ngomongin sosmed (sosial media), nih. Kepada Sejawat yang mampir kesini, bisa follow twitter aku nih, (hehe promosi, soal nya baru dapat matakuliah promosi cih (sih). hoho). nah, klik di sini @DickiAgus. pisss…😀 kalau gak follow, rugi lho… (geje bgt ).
Ups terlalu melebar pembicaraannya. Kembali lagi ke topik. bahwa dalam membuat berkas yang akan dilirik sang penyelektor alias CV anda yang akan dipanggil untuk seleksi selanjutnya yaitu wawancara. anda harus membuat CV anda terlihat berbeda dengan CV yang lain yaitu anda harus membuat tampilan CV dengan semenarik mungkin dan sekreatif mungkin. Contoh nih, biasanya fotonya cuma setengah dada sampai kepala dan tegak, biasa kan?. coba buat yang full badan dan memakai baju (kemeja) boleh berdasi lebih bagus, celana bahan hitam, dan sepatu pantovel. Thu kan kerennn,,,, tapi ini dah biasa, sob. Yang lainnya adalah dengan membuat tampilan informasi kamu suapaya menjadi lebih menarik lagi yaitu dengan dibuat kliping, pernah liat kliping kan???? masak g tau cih,,, (capek deh). Itu tuh yang semasa SD -, kamu disuruh menempel nempel potongan kertas di selembar kertas yang lebih lebar. Paham kan>>>??? Apalagi ditambah dengan warna-warna yang sedikit (ingat! sedikit ajah) mencolok pada saat mata sekilas memandang 2 detik, karena penselektor hanya akan melihat sekitar 2-4 detik (teori ula3.com) untuk melihat seribu atau ratusan juta lembaran pelamar (edyan, akeh temen, nda) [translate:gila, banyak sekali, cuy]. Dan masih banyak cara cara yang unik-unik, so, temukan sendiri ya,,, aku hanya bisa nulis segini, capek e kena sorot cahaya layar lepi tua ini. (ngeles😦 ..) haha.

Dan yang ke dua dan mungkin terakir ini. Ada tips buat seleksi kedua yaitu wawancara, walau penulis belum pernah ikut seleksi ini sih, tapi dengan menulis lewat blog ini, ane yakin [mulai logat betawi], bakal lebih inget dari pada aye inget inget aje di kepale aye, kan mubazir… ya gak,,,? kata ibu kos aye yang sekarang tepar di RS karena sakit jantung (semoga cempet sembuh, karena, tanpa ibu kos, ,, aye gak akan bisa ngutang makan di warungnya tiap minggu,,, xixixi curcol [curhat colongan] ). Back to the topic! ok?!! Beliau pernah bilang “kalau g ditulis, g berguna bagi umat” (kereeennnn kan ibu kos aye, walau cuma jualan nasi + Rica Ayam super pedas, tapi wejangan nya bikin deg deg sir. haha ngacok).

Trus kan setelah anda ditelepon untuk datang wawancara, pastinya anda akan berdandan/grooming. Nha yg sering berdandan, akan merasa lebih pede (percaya diri) ketemu dengan pewawancara. Nha yang gak pernah dandan, gimana dong??? santai, brai. guwe ada ide kecil nih, tapi sabar ya… ada kok di paragraf selanjutnya. Namun yg sudah sering dandan, jangan terlalu PD (percaya diri) ya… karena saat anda berjalan menuju sang pewawancara, disitulah kepribadian anda sudah mulai dinilai. Lalu sikap duduk anda. Lalu sikap pandangan mata anda. Sikap menjawab anda dan sampai anda berpamitan dnegan pewawancara. Buaaannyyaaak banget kan,…. (mesti langsung gak jadi PeDe lagi tuh, haha sukyuriiiinnn).

Kita mulai ya… Saya akan memberikan tips hanya dalam 130-an kata . so bisa di copas (copy-paste) lalu di simpan dalam poket anda.

Pertama yang diperhatikan adalah: (1) sikap berdiri: kaki dibuka selebar bahu. pandangan ke depan. saku celana dimasukan maks 4 jari kecuali ibu jari dan 1 tangan aja. Smile. Wajah terlihat Fresh. (2) sikap jalan: lurus ke depan. jangan diseret. (3) jabat tangan: sela jempol bertemu sela jempol. Sedikit goyangkan. Tatap wajah batas sampai hidung aja. Kontak mata lebih sering lho. (4) Sikap duduk: pastikan ada kursi dengan sentuhkan betis anda. betulkan busana sebelum duduk supaya tidak TERselip. Mundur duduk dengan ibu jari aja. TEGAK. Tangan diatas paha / samping. (5) Sikap berdiri kembali: dengan ibu jari aja, majulah ke depan. lalu berdiri dan betulkan busana dengan sederhana aja. (6) rambut : tanpa poni. rambut tidak sampai kerah kemeja (cowok). Ditata rapi / diikat (cewek). Jambang (godhek) setengah telinga. tidak brewok, apabila jenggot, rapikanlah supaya Fresh. End.

Simpel kan…. haha. kalau gak paham, bisa coment kok.😀

Dan ada sedikit tambahan nih. bawalah sabun muka tuh untuk cowok, mentang-mentang bukan cewek, supaya tidak dikira kaya cewek yangg selalu bawa make-up. Tapi gank mengapa kok. Malahan sabun muka bisa digunakan membersihkan wajah 30 menit sebelum masuk ruang wawancara. Trus datanglah min 30 menit sebelum waktu yang ditentukan ya…supaya bisa persiapan.

Dan ada tips yang lebih simpel nih: bangun pagi, berdoa, bersihkan tubuh agar segar, tidur lebih awal, busana rapi & gaya karena kedua yang terakir inilah yg menjadi “pandangan pertama” / “kesan pertama” itu PENTING. pakai deodoran & parfum lebut, jangan yang bau kue atu semacamnya lah. rambut natural dan rapi. kuku dan tangan bersih.

Dah itu aja deh, kawan2. kalau bisa disingkat. dari semua penjelasan diatas ada 5 hal penting yaitu tahu etika kerja, tau kemampuan komunikasi, bersikaplah positif, persiapan matang dan berdoa.

itu dulu deh soB. dah capek nih otak, hehe. sampai ketemu di tips lainnya ya….

Terimaksih telah membaca karya acakadut ini… salam Literasi.

2 thoughts on “jangan dibaca jika anda tidak ingin Kerja. titik! gak pakai koma!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s