Pondok Baca Arcamanik: Buku Hilang, Kami Senang

Pondok Baca Arcamanik: Buku Hilang, Kami Senang.

Bandung, 14 Juni 2015. “Pernah lho 1 set komik Naruto hilang pada saat jam buka layanan. Tapi pengurus ya positif thinking aja. Kita pikir bukunya dibagi-bagi atau dibaca sendiri. Kalaupun dijual pencurinya ya minimal bisa jadi uang jajan dia”, canda Ibu Ida Sitompul (paling kanan).

Ibu Ida adalah ketua pengurus Pondok Baca Arcamanik. Penggunaan kata ‘Pondok Baca’ ini adalah yang pertama digunakan oleh taman bacaan se-Indonesia. (Koran Republika, 21 Agustus 2013).

Pondok Baca yang telah berpindah tempat sebanyak 4 kali dan diumurnya yang menuju 15 tahun, telah menjadi community center di Bandung Timur. Seperti kelompok menjahit, anak-anak belajar robotik, kelompok pecinta matematika, sampai orang tua yang buah hatinya memiliki kebutuhan khusus, dan komunitas lainnya.

“Saya itu sudah tua, jadi harus ada penerusnya nih. Tapi kok belum ada yang mau”, curhat Ibu Ida.

Beliau berharap, ada dari akademisi yang menjadikan taman bacaannya menjadi laboratorium oleh mahasiswa Perpustakaan Unpad (Universitas Padjdadjaran). “Kan deket. Di ruko Arcamanik Indah no 3.” jelas Ibu Ida.

YPPI pun menyarankan dan memberikan link / jaringan mahasiswa Unpad dan UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) serta UIN (Universitas Islam Nusantara).

“Eh ada ya, jurusan perpustakaan di UPI dan UIN. Saya baru tahu yang Unpad aja”, kagetnya Ibu Ida saat kami memberikan kontak mahasiswa.

http://hmpii.blogdetik.com/2012/04/02/daftar-perguruan-tinggi-dengan-jurusanprogram-studi-ilmu-perpustakaan/ fotografer: andriyani

View on Path

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s