Komunikasi Peredam Konflik

Santi Djiwandowo: Komunikasi Peredam Konflik.

Komunikasi berperan penting dalam kehidupan bersosialisasi. Dari situ, manusia saling mengenal dan berhubungan. Di sisi lain, kesalahan berkomunikasi justru berpeluang memicu konflik.

“Segala interaksi, komunikasi, hubungan, relasi kita itu berpotensi menimbulkan berbagai konflik,” ucap Santi Djiwandono, founder perusahaan konsultasi Santi Djiwandono Inc. Communication Management Partner. Dia melanjutkan, hal tersebut alami terjadi karena pada dasarnya setiap orang itu berbeda.

Meski begitu, ada cara meminimalkan konflik. Salah satunya melalui kemampuan berkomunikasi. Pada acara bincang siang di Flash Lounge, kampus B Unair, kemarin (17/6), Santi menemukan bahwa communication with good will yang berasal dari hati dapat menjembatani segala potensi konflik.

Ada tiga faktor yang mendukung cara berkomunikasi yang baik dengan hati. Yaitu, authentic, assertive, dan articulate.

Authentic berarti kita mengenali diri sendiri. Alhasil, kita mau intropeksi kelemahan dan kekuatan diri. Setelah itu, barulah kita tahu hak dan kewajiban sekaligus menghormati hak dan kewajiban orang lain. Hal itulah yang disebut sebagau assertive. Point terakhir, articulate, berarti kita dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif.

Santi menyatakan, penggunaan gadget yang tidak terkontrol sebenarnya justru menumpulkan kemampuan alami berkomunikasi. Hal itu ikut memicu konflik dan bullying. “Komunikasi yang paling efektif itu masih komunikasi yang tatap muka,” tegas Santi.

Acara bedah buku ini terselenggara atas kerjasama YPPI (pustakaindonesia.org) dan Perpustakaan Universitas Airlangga serta Event Surabaya.

Jawapos Kamis 18 Juni 2015 halaman 36.

View on Path

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s