Munjung seru itu bingkisannya Buku.

Munjung seru itu bingkisannya Buku.

Munjung adalah memberi bingkisan kepada orang tua, kerabat dan tetangga. Bingkisan yang diberikan bisa berupa makanan, kue, gula, teh dll.

Tujuannya untuk merekatkan ikatan batin. Lebih spesifik lagi, munjung merupakan ekspresi rasa bakti dan hormat anak terhadap orang tuanya.

Meskipun terkesan sederhana, tradisi munjung menyimpan dimensi psikologis, sosial dan spiritual. Secara psikologis, pemberian bingkisan Lebaran dapat menumbuhkan jiwa kasih sayang. Secara sosial merupakan bukti kerukunan dan kepedulian antarsesama.

Munjung tahun ini ada yang berbeda. Saya menjadwalkan munjung ke Ibu Diyah Witanti, kanan, di Kelurahan Bulu. Beliau adalah pemenang 30 nominasi terbaik karya cipta Alat Peraga Edukatif PAUD Nasional 2013.

Sambil menunjukkan buku cerita hibah dari The Asia Foundation melalui Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia ini, kami pun berselfie bersama.

Ibu guru PAUD Budi Asih Sukoharjo kelurahan Sukoharjo ini menceritakan permainan LaLaPin (Laba-Laba Pintar) yang dibuatnya. Permainan berukuran kertas A2 ini bergambar jaring laba-laba. Setiap bidaknya bertuliskan huruf abjad dari A sampai Z.

Setiap pemain mendapatkan 1 pion yang berbentuk laba-laba. Cara bermainnya seperti ulartangga yang menggunakan dadu berangka 1 sampai 6.

Setiap pemain bergiliran melempar dadu. Lalu menggetakkan pionnya sesuai angka yang muncul pada mata dadu.

Misalkan pion berhenti pada bidak huruf C maka pemain tersebut bertugas menyebutkan kosakata yang berawalan dengan huruf C. Contohnya Cicak, Cacing, Cantik.

Disediakan pula setumpuk kartu berbentuk bintang yang menarik. Setiap berhasil menyebutkan 1 kosakata, maka bisa mengambil 1 bintang.

Pemenang bukanlah yang mencapai huruf Z pertama. Melainkan yang berhasil mengumpulkan bintang terbanyak.

Ini cerita akhir ramadhan ku. Apa ceritamu?

View on Path

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s