9 Persamaan YPPI dengan GOOGLE

yppi google

Bekerja di GOOGLE adalah impian sebagian besar orang. Salah satu alasannya adalah kenyamanan pegawai bekerja.

Saya pernah bekerja di salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang perpustakaan yaitu YPPI – Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia, selama 2 tahun 6 bulan 4 hari. YPPI memiliki beberapa kesamaan suasana kerja lho dengan GOOGLE. Tengok ulasan berikut,

1. Setiap tahunnya ada lebih dari 3 juta pelamar masuk ke email google. Google tidak mencari seorang spesialis bidang tertentu melainkan seorang yang universal. Begitu juga YPPI yang mencari seorang yang mampu memahami banyak aspek dari pada spesialis. Bagaikan danau dangkal yang luas, itu lebih baik dari pada sumur yang dalan tapi dalamnya tidak diketahui. Ketika di YPPI, danau itu akan menjadi dalam karena YPPI membiasakan mendalami kemampuan khusus pegawainya.

2. Makanan menjadi perhatian penting di kantin atau cafe di Google. Google mengutamakan gizi, higienis dan menyenangkan bagi pegawainya. Sampai – sampai ada polling online untuk menentukan menu makanan pekan depan. Kantor saya bekerja yang berlokasi di Rungkut Asri Barat X/9 Surabaya ini punya pandangan yang si. Setiap menu makan siang yang akan dimasak segar oleh juru masak khusus haruslah ada warna hijaunya. Alias sayur dan buah. Warna menjadi indikator setiap sajian makan siangnya. Ada warna oranye, ungu dan favorit adalah hijau. Setiap hari selalu berganti menu makanan untuk menghindari kebosanan dan menyesuaikan selera. Pegawai YPPI sering meminta menu khusus. Saya misalnya, suka meminta menu pecel sayur. Tidak jarang pula ada yang memblender buah – buah sendiri. Mau gula sedikit atau tanpa gula, selera masing-masing. Dapur terbuka untuk semua pegawai melayani diri sendiri sesuai kebutuhan dan kesukaan.

3. Kalau Anda bertamu di kantor Google, semua pegawai berpakaian casual. Kaos menjadi hal wajar, bersepeda santai, ruang kerja yang didesain sesuka hati, waktu kerja yang disesuaikan suasana hati. Begitu pula di YPPI, kostum sehari hari tidak ada seragam wajib. Bebas memakai gaya apapun, mau gaya retro atau kekinian pun sah saja. Asal sopan dan tidak bau tentunya. Setiap bertemu dengan pihak eksternal barulah berpakaian kemeja atau jas. Ruang kerja pun selalu berubah suasananya secara berkala. Lagi-lagi menghindari kebosanan dan menyesuaikan kebutuhan program kerja. Kerja tidak harus di ruang kerja. Sambil nonton televisi atau di depan taman sambil makan belimbing wuluh bercocol gula pasir pun bebas dilakukan.

4. Google percaya akan hasil kerja pegawainya dengan menciptakan suasana kerja yang menyesuaikan pegawainya. Sementara untuk proses, Google percaya penuh kepada karyawan dan manajernya. Begitu juga di YPPI, hasil kerja menjadi prioritas. Hasil bekerja adalah cerminan YPPI. Berbicara tekanan deadline menjadi hal mutlak saling mengingatkan karena selalu berhubungan dengan pihak eksternal. Proses mencapai hasil menjadi penilaian dari Direktur YPPI kepada pegawainya. Direktur percaya dan memantau proses kerja kepada pegawai. Karena dengan melihat prosesnya akan mengetahui seberapa jauh progress kemajuan memahami roh YPPI dan bekerja sama (team work). Sehingga akan ditemukan strategi dari Direktur untuk memberikan masukan kepada pegawai tersebut supaya sesuai dengan jalur yang diinginkan.

5. Pegawai Google merahasiakan salary masing-masing kecuali kepada pacarnya. (Hehe bercanda). Salary ditentukan dari hasil kerja pegawai tersebut. Pegawai YPPI yang berjumlah belasan ini pun mendapatkan salary sebanding dengan beban kerjanya. Semakin mantabs proses dan hasil kerjanya maka semakin layak mendapatkan gaji yang sepadan. Saya sendiri tidak akan menanyakan salary kepada teman sekantor saya. Begitupun sebaliknya, teman-teman tidak ada yang saling menanyakan. Semua merasa happy setiap akhir bulan. Apalagi tanggal 28-30 akan selalu tampak wajah “sumringah” membuat perencanaan kerja sebulan kedepan. Hahay.

6. Setiap hari kamis malam, pegawai Google bersorak gembira karena ada ritual acara Thanks God is Friday yang dilakukan setiap pekannya. Semua orang boleh bertanya dan mengajukan usulan kepada siapapun sampai pucuk pimpinan Google. Perayaan ritual setiap pekan terjadi di YPPI juga yaitu setiap jumat pagi atau kami menyebutnya Jumat Berkah. Selalu ada yang baru dan menarik di Jumat Berkah. Walau terkadang bisa juga geser waktu menjadi jumat malam. Namun bukan untuk bertanya atau mengajukan usulan. Melainkan berbagi berkah kepada sesama pegawai atau orang lain misalnya rujak bersama, makan jenang bersama, senam bersama, minum susu bersama pun juga pernah. Atau nonton film bersama di layar televisi yang bisa di-setting menyerupai bioskop mini sambil ngemil oleh-oleh pudak dari Gresik. Ada pula yang bermain permainan yang kekinian. Canda tawa lepas tidak luput setiap moment-nya.

7. Sedangkan untuk berbagi pengalaman, usulan, dan mengajukan pertanyaan, Google menjunjung tinggi freedom of speech yang dilakukan setiap acara TGIF. YPPI membiasakannya pada setiap senin pagi atau yang sering kami sebut CM – Coffee Morning. Walau tidak selalu kopi yang disajikan, terkadang sirup atau hanya sekedar air putih saja sesuai selera. Pokok utama CM adalah koordinasi untuk perencanaan sepekan kedepan. Tak jarang pula usulan dan pertanyaan detail muncul pada CM. Sebenarnya, kebebasan menyuarakan pendapat dibiasakan tidak hanya setiap hari bahkan setiap detik kepada masing masing pegawai. Semua bebas mengkritik dan memberi masukan. “Ceplas-ceplos” menjadi hal lumrah atau wajar. Karena menjunjung kerja tim maka banyak bicara yang bermanfaat adalah wajib hukumnya. Kecepatan informasi adalah peluang pegawai YPPI sehingga talk more and do more adalah kebiasaan di YPPI.

8. Tak hanya memenuhi kebutuhan jasmani, aneka program juga dirancang oleh Google maupun inisiatif karyawan sendiri untuk memuaskan kebutuhan rohani. Pegawai YPPI pun inisiatif sholat berjamaah bersama-sama. Laki-laki sering di masjid Al-Magfiroh dekat kantor, perempuan berjamaan di musholla kantor. Terkadang mengikuti pengajian setiap rabu malam, tak jarang pula banyak ketiduran daripada mencatat ceramahnya. Hehe pisss.

9. Bila Anda main di kantor Google. Selfie dan foto bareng menjadi daftar teratas dari tujuan Anda. Sudut – sudut menarik tersaji layak menjadi background koleksi foto Anda di Instagram. YPPI punya yang unik juga lho. Tak kalah adalah dua area favorit kami. Pertama, di teras depan ada dinding berlogo YPPI bercorak warna warni dan rak buku berbentuk hewan lebah. Kedua, di meja makan, lebih santai dan akrab sambil menikmati makanan yang ada.

Anda tertarik? Yuk main ke YPPI. Hanya pencet nomor 081331338000 atau 031-8792119 untuk bikin janji. Bisa juga sih via email pustakaindonesia@gmail.com. Eh eh twitter juga ada @yppi_surabaya atau paling aktif di facebook.com/yayasan.indo/ . Cari juga di hastag instagram #yppi_surabaya. Ditunggu ya… ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s