Pengalaman Persyaratan Nikah Antar Provinsi (Sukoharjo-Jombang)

Pengalaman Persyaratan Administrasi Keterangan Menikah antar Provinsi
Jawa Tengah – Jawa Timur.

dicki agus nugroho nisa adelia ardian prasetyo nugroho akad nikah

Akad Nikah Dicki Agus Nugroho & Nisa Adelia, Jombang, Sabtu 1 Juli 2017, foto: Naili Husnayeni

Alur Pelayanan Nikah dari KUA Kabupaten Sukoharjo

Alur Pelayanan Nikah dari KUA Kabupaten Sukoharjo

Sabtu, 1 Juli 2017 adalah hari akad pernikahan saya di Masjid Baitul Khohar, di sebelah rumah calon mertua saya di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Saya, Dicki, yang berdomisili di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah mengalami kesulitan jarak untuk mengurus persyaratan menikah pada beberapa bulan sebelum hari spesial itu. Apalagi saya bekerja di Kota Magelang, Jawa Tengah, 3 jam ke barat dari Kabupaten Sukoharjo, sehingga saya harus mengatur waktu yang tepat dan tidak merugikan waktu kerja saya. Lagian calon istri juga merantau di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Maka saya sendiri tidak leluasa pulang kampung untuk mengurus surat keterangan nikah. Sehingga saya memanfaatkan hari kejepit untuk mengurusnya. Hehe. Sayangnya hari kerja di kabupaten Sukoharjo adalah 5 hari kerja jadi tidak bisa memanfaatkan hari sabtu untuk mengurus. Maka saya mengurusnya lebih memilih pada hari senin atau jumat.

Pertama, saya mencari dua surat dari Bapak RT yakni:

  1. surat keterangan domisili u/ menikah untuk membuat SKCK dan,
  2. surat keterangan akan menikah untuk menuju kantor kelurahan Gayam. (FOTO TIDAK TERSEDIA)

Saya pun meminta tolong kepada Bapak saya untuk memberitahukan maksud dan tujuan saya tersebut. Sehingga saya hanya perlu mengambil kedua surat tersebut saja. Lumayan, bisa ngirit 1 kali waktu pulang kampung. Hehe. Apalagi, karena ketua RT yang baik hati maka tidak perlu minta tanda tangan ke Pak RW dan langsung saja ke kantor Kelurahan. Namun sayang, saya lupa menyimpan dokumentasi foto dari dua surat tersebut. Hiks, maap ea.

Pertama kalinya saya pulang kampung ke Kabupaten Sukoharjo, saya memanfaatkan hari kejepit dimana hari selasa adalah libur tanggal merah yaitu senin 27 Maret 2017. Pagi-pagi pukul 7.30 WIB saya bergegas menuju kantor Kelurahan. Kelengkapan yang perlu saya bawa selain kedua surat dari RT menuju kelurahan Gayam adalah sebagai berikut:

  1. 1 Foto saya background biru ukuran 4×6.
  2. 1 Foto calon istri saya background biru ukuran 4×6.
  3. 1 fotocopi KK dari keluarga saya.
  4. 1 fotocopi KK dari keluarga calon istri.
  5. 1 fotocopi KTP saya.
  6. 1 fotocopi  KTP ayah saya.
  7. 1 fotocopi KTP ibu saya.
  8. 1 fotocopi KTP ayah calon istri saya.
  9. 1 fotocopi KTP ibu calon istri saya (tapi tidak saya kasihkan) hehe sengaja mengetes standar operasional kerja. Tp lolos kok.
  10. 1 fotocopi Akte saya.

Setelah itu saya hanya menunggu giliran untuk mendapat pelayanan dan saya mendapatkan lima surat berikut:

  1. Surat N1.
  2. Surat N2.
  3. Surat N3.
  4. Surat N4.
  5. Surat keterangan pengantar numpang nikah.

Karena pegawai kelurahannya baik hati maka saya diberi

  1. “Blangko keterangan belum menikah”

yang digunakan untuk jaga-jaga jika di KUA tempat calon istri saya yaitu Kabupaten Jombang, Jawa Timur, akan membutuhkannya.

Blangko Surat Pernyataan belum Nikah / Kawin

Blangko Surat Pernyataan belum Nikah / Kawin

Surat Keterangan untuk Nikah Model N1

Surat Keterangan untuk Nikah Model N-1

Surat Keterangan Asal-Usul Model N2

Surat Keterangan Asal-Usul Model N-2

Surat Persetujuan Mempelai Model N3

Surat Persetujuan Mempelai Model N-3

Surat Keterangan tentang Orang Tua Model N4

Surat Keterangan tentang Orang Tua Model N-4

Pengantar Surat Keterangan Numpang Nikah di Kabupaten Mempelai Perempuan

Surat Keterangan Numpang Nikah di Kabupaten Mempelai Perempuan

Setelah semua selesai urusan di kantor Kelurahan, biayanya adalah gratis.

Sepulang dari kelurahan, saya memfotocopi sebanyak 1 kali sebelum dibawa ke KUA Kecamatan Sukoharjo yaitu:

  1. Surat N1 &
  2. Surat N3 .

Sesampai di KUA Kecamatan, saya menyerahkan semua berkas tersebut, kecuali:

  1. blangko keterangan belum menikah.

 

Eits, kelupaan, karena di KUA Kecamatan Jombang meminta surat “SKCK untuk menikah” maka saya menyerahkan kepada kantor Kelurahan yakni:

  1. surat keterangan domisili untuk meminta keterangan membuat SKCK.

Sehingga saya mendapatkan surat keterangan pengantar untuk “membuat SKCK untuk menikah”. Walau saya sebenarnya sudah memiliki SKCK tapi untuk mencari pekerjaan.

Pengantar baik

Surat Pengantar Membuat SKCK dari kantor Kelurahan kepada Polres

Biaya administrasi di KUA Kecamatan Sukoharjo, gratis lho. Hihihihi. 

Saya pun mendapatkan 1 surat pengantar dari KUA Kecamatan. Dengan lampirannya adalah semua berkas dari kelurahan yang diberi amplop dengan ditujukan kepada KUA Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur.

KUA

Surat Keterangan Pemeriksaan Nikah dari KUA Sukoharjo kepada KUA Jombang

AKTA KK KTP

Kelengkapan surat (KK & AKTA saya & calon istri, KTP saya, istri, bapak & ibu saya serta bapak & ibu calon mertua) yang saya lampirkan sejak masuk ke kantor Kelurahan sampai kantor KUA Sukoharjo dan dibawa ke KUA Jombang

Setelahnya, saya bawa SKCK mencari pekerjaan untuk saya perpanjang dan ubah menjadi SKCK untuk menikah. Eh bisa lho. Aku kira gak bisa. Dan lucunya, kelurahan menyarankan untuk minta tanda tangan ke kecamatan. Tapi tidak aku mintakan. Haha. Biaya administrasinya Rp30.000,-  dengan bukti kwitansi. Salud kepada Polres Kabupaten Sukoharjo.

KWITANSI SKCK

KWITANSI SKCK

Syaratnya mengganti SKCK melamar pekerjaan menjadi SKCK untuk menikah adalah

  1. Surat pengantar dari Pak RT dibawa ke kelurahan untuk mendapatkan “Surat pengantar dari Kelurahan” disertai fotocopi KK, fotocopi Akte, & fotocopi KTP.
  2. 2 lembar foto background merah ukuran 4×6.
  3. 1 lembar foto background merah ukuran 3×4. (FOTO TIDAK TERSEDIA)

Setelah selesai semuanya. Saya pulang ke rumah. Total hanya membutuhkan waktu kurang dari 4 jam dalam waktu satu hari saja.

===============================

Saya pun memberikan semua surat dari KUA Kecamatan Sukoharjo tersebut ke Calon Istri saya untuk pulang kampung ke Kabupaten Jombang.

Istri saya mengantar berkas tersebut ke KUA Kecamatan Jombang. Berkas tambahan yang harus saya siapkan untuk sekalian dibawa ke KUA Kec Jombang adalah:

  1. Fotocopy Buku nikah bapak / ibu saya,
  2. surat keterangan sehat asli dari dokter atau puskesmas,
  3. foto 2×3 lima lembar background merah dan
  4. foto 4×6 enam lembar background merah.

Kemudian tinggal menunggu beberapa hari, saya dan calon istri dijadwalkan oleh KUA Kecamatan Jombang untuk melaksanakan pertemuan yang bernama “Rapak”. Yaitu pertemuan untuk melakukan pengecekan oleh petugas KUA Kecamatan Jombang terhadap data-data calon mempelai laki-laki dan calon mempelai perempuan. Ternyata tidak hanya itu, kebenaran data orang tuan masing-masing mempelaipun dicek juga. Berikut yang ditanyakan oleh petugas KUA Kecamatan Jombang kepada kami:

  1. Nama lengkap saya
  2. Nama lengkap bapak kandung saya
  3. Tanggal, bulan, tahun lahir bapak kandung saya
  4. Nama lengkap ibu kandung saya
  5. Tanggal, bulan, tahun lahir ibu kandung saya

Sedangkan yang akan ditanyakan kepada calon memepelai perempuan adalah:

  1. Nama lengkap mempelai perempuan
  2. Nama lengkap bapak kandung
  3. Tanggal, bulan, tahun lahir bapak kandung
  4. Nama lengkap ibu kandung
  5. Tanggal, bulan, tahun lahir ibu kandung
  6. Nama lengkap kakek dari bapak kandung
  7. dan calon mempelai perempuan diminta menuliskan mas kawin di formulir.

Kemudian jika semua data sudah benar maka saya, calon mempelai perempuan dan calon mertua menandatangani formulir. maaf formulirnya tidak bisa saya foto, isin motoin nya. Hehe. (FOTO TIDAK TERSEDIA)

Alhamdulillah. Hanya perlu 1 kali pulang bagi saya dan 2 kali pulang kampung bagi istri saya, kami pun selesai melengkapi persyaratan administrasi menikah antar provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Semoga bermanfaat pengalaman saya ini bagi pembaca. See U… ^_*

Tinggalkan Balasan

